Membuat Artikel SEO ONPAGE "Teknik Rahasia"

Membuat artikel SEO Friendly menggunakan teknik SEO Onpage "search engine optimization"agar  traffic berlimpah banyak pengunjung dan uang mengalir dari bisnis online.Untuk anda yang baru pertama kali terjun ke dunia blogging atau webmaster, teknik onpage SEO yang pertama yang harus anda pelajari adalah Cara Membuat Artikel SEO Friendly.

Kenapa begitu? bukankah artikel yang penting harus original dan bukan merupakan sebuah hasil copy paste? bukankah itu membatasi kreatifitas dalam membuat sebuah artikel yang original bagus dan enak dibaca?
Artikel Onpage SEO
Artikel Onpage SEO

Cara Membuat Artikel dan Contohnya


Bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar?

Dalam membuat tulisan (tanpa menyelipkan teknik onpage seo) biasanya setelah menentukan tema dan pokok bahasan kita membuat struktur dan susunan artikel, termasuk judul dan subjudul untuk kerangka dasar, setelah semuanya siap maka kemudian artikelnya dibuat sembari dilampiri dengan beberapa gambar yang kemudian bila semuanya sudah siap tinggal dipublikasikan.

Nha pertanyaan selanjutnya adalah Apakah teknik membuat artikel dengan cara tersebut bisa serta merta membuat blog anda ramai dikunjungi?

Sepertinya tidak ... karena buktinya anda tersesat di halaman ini dan masih ingin belajar lebih jauh mengenai teknik seo onpage ^^

Cara Membuat Artikel Populer


Membuat Artikel adalah sebuah seni, seni menulis yang penuh dengan bahasa sastra yang indah mengalun dan enak dibaca serta memberikan manfaat kepada pembacanya, begitu kata teman saya'

Namun ada juga yang berpendapat sebaliknya, bahwa membuat artikel yang terpenting adalah berada di nomer 1 google saat dicari melalui query search engine, terlepas dari apakah enak dibaca maupun tidak. Jadi Mana yang benar dari dua pendapat tersebut?

Kedua duanya benar tidak ada yang salah, bila anda menyalahkan pendapat nomer dua maka quote berikut ini serta merta mematahkan pendapat anda:

Bila tulisan anda tidak dimengerti oleh google, maka google tidak akan merekomendasikan tulisan anda kepada orang yang bertanya kepadanya, dan akibatnya tulisan anda tidak akan pernah dibaca orang lain, untuk apa menulis bila tidak ada yang membaca? lebih baik anda menulis di diary.
Oleh karenanya seni membuat artikel di blog atau website memiliki keunikan tersendiri, selain harus enak dibaca dan informatif artikel dalam website juga harus dapat dimengerti oleh mesin pencari seperti google dan bing..

YUP "MEMBUAT MESIN MENGERTI" tidak ada yang salah dengan tulisan saya

Search Engine si Mesin Pencari

Search engine adalah sebuah mesin, tidak lebih canggih dari komputer anda di rumah' hanya saja didalamnya tersimpan sebuah algoritma unik yang berisi rumus rumus yang dapat mengenali sebuah tulisan berdasakan teknik tertentu.

Saat ini mesin pencari google menggunanakan algoritma yang diberi nama google panda, yang dalam wikipedia disebutkan bahwa "Google Panda is a change to Google's search results ranking algorithm that was first released in February 2011. The change aimed to lower the rank of "low-quality sites" or "thin sites", and return higher-quality sites near the top of the search results."

Singkatnya mesin pencari google dapat mengenali dan membaca tulisan anda serta memberikan skoring atas kualitas artikel yang anda buat dengan standar standar tertentu, standar tersebutlah yang dalam artikel ini saya sebut sebagai SEO Teknik. anda diharuskan menerapkan teknik SEO kedalam artikel agar artikel anda dimengerti oleh mesin pencari.

Artikel SEO Friendly

Begitulah adanya, postingan anda harus merupakan sebuah artikel SEO Friendly, Apa itu? apa definisi SEO Friendly? Istilah SEO Friendly itu darimana? bagaimana cara membuat artikel SEO Friendly sekaligus mengoptimasi Onpage SEO? ... tenang akan saya jelaskan satu persatu dan mohon untuk dibaca berulang ulang sampai mengerti.

Apa itu SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau bila dibahasa indonsiakan adalah Optimisasi Mesin Pencari.

Secara istilah pengertian SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan trafik kunjungan blog atau website dengan memanfaatkan algoritma search engine google bing dan yang lainnya. Tujuan penggunaan SEO adalah untuk mendapatkan rangking teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian di google atau bing saat pengguna internet mengetikkan kata kunci tertentu / keyword.

Pengertian SEO Friendly

Friendly adalah berteman bersahabat atau berkawan, sedangkan SEO seperti definisi yang anda baca diatas adalah mengoptimasi blog atau website dengan teknik memanfaatkan algoritma mesin pencari google atau bing, sehingga bila digabungkan maka pengertian SEO Friendly adalah suatu teknik mengoptimasi sebuah blog atau website agar search engine seperti google atau bing merekomendasikan artikel yang telah dibuat kepada end user saat pengguna internet memasukkan query ke dalam mesin pencari.

Contoh Artikel Seo Friendly


Bagaimana bentuk artikel yang SEO Friendly? 

Penjelasan mengenai bentuk artikel SEO friendly sangat kompleks, karena SEO sendiri merupakan sebuah bidang ilmu, akan menghabiskan waktu berhari hari dan berlembar lembar artikel untuk membahas bentuk artikelnya saja, walaupun begitu bentuk artikel SEO friendly minimal harus memuat 7 hal berikut :
  1. H1 (Heading / Judul)
  2. Snippet (Ringkasan)
  3. Gambar (Media)
  4. Deskripsi Gambar
  5. H2 (Subheading / sub judul)
  6. Ounbound Link
Bagaimana bentuk susunannya minimal adalah seperti gambar berikut :
bentuk artikel seo minimal harus seperti ini
Contoh Bentuk Susunan artikel yang SEO Friendly

Cara Membuat Artikel yang Baik dan Menarik


Untuk membuat artikel yang baik dan menarik, maka berdasarkan teknik SEO Onpage yang telah saya paparkan diatas langkah demi langkahnya adalah sebagai berikut :

Teknik Onpage SEO Artikel Blog (Langkah 1)

Sebagaimana penjelasan panjang lebar yang telah saya sampaikan diatas, maka "First Thing First" kita dahulukan apa yang terpenting dalam membuat artikel, yaitu SEO. Berikut ini adalah langkah langkah membuat artikel yang baik dan benar sesuai SEO :

1. Keyword 

Setelah memilih tema yang ingin ditulis maka langkah selanjutnya adalah memilih keyword, memilih judul dan memilih sub judul, disini pakem SEO mulai kita gunakan, caranya cukup mudah cukup ketikkan tema yang telah anda pilih kedalam mesin pencari.

Contoh langsung - Karena artikel ini tentang tutorial cara membuat artikel di website sekaligus tutorial SEO Friendly maka saya kita putuskan untuk menggunakan tema "Teknik Artikel SEO" setelah tema dibuat langkah selanjutnya adalah bertanya kepada google.

Pencarian kata kunci Teknik Artikel SEO

Hasil Pencarian Teknik Artikel SEO
Hasil Pencarian Teknik Artikel SEO

Related Search Kata Kunci Teknik Artikel SEO

Related Search pencarian dengan kata kunci Teknik Artikel SEO
Related Search pencarian dengan kata kunci Teknik Artikel SEO
Dari 2 hasil riset diatas maka dapat disimpulkan bahwa google mengerti Teknik Artikel SEO sebagai : Cara membuat artikel dan contohnya, Langkah Membuat Artikel, dan Susunan Artikel. Artinya bahwa dalam kerangka artikel yang akan dibuat harus menyertakan kata kunci diatas agar google mengerti bahwa saat ini anda sedang menulis tentang "Teknik Artikel SEO"

Untuk pemilihan judul sendiri dengan mempertimbangkan hasil pencarian yang telah saya blok dengan kotak warna warni maka saya pilih judul Membuat Artikel SEO ONPAGE "Teknik Rahasia"

2. Gunakan SEO Friendly Url

Salah satu teknik optimasi mesin pencari yang paling dasar adalah menggunakan struktur URL yang SEO Friendly. Sebuah struktur yang baik dapat membantu keseluruhan proses, namun sayangnya selama ini banyak website yang menggunakan url yang tidak atau kurang optimal.

Bagaimana susunan URL yang SEO? 

Sama seperti penjelasan saya sebelumnya, pertanyaan ini tidak akan habis dibahas dalam satu halaman, mungkin akan saya jelaskan di kesempatan lain dalam pokok bahasan tersendiri SEO Uriendly URL.

Pada kesempatan kali ini kita pilih saja url yang paling pendek namun mencakup keseluruhan topik yang dibahas dalam kasus kali ini pilihan saya adalah : http://www.etrade.id/2016/06/teknik-membuat-artikel-seo-onpage.html perhatikan huruf yang ditulis tebal dalam url tersebut.


3. Awali Judul dengan Keyword

Penting untuk menulis judul sesuai dengan ambang batas SEO Friendly, dalam judul tuliskan kata kata kunci sebisa mungkin diletakkan di awal "Paling Kiri" dengan urutan prioritas anda, jangan gunakan kata tidak penting di awal judul artikel seperti maknyus, hebat, Lihat, lihat gan dll bila itu bukan merupakan kata kunci penting dalam artikel anda. Dalam artikel ini pun teknik rahasia saya letakkan di bagian akhir judul karena target kata kunci saya adalah membuat artikel seo onpage.

4. Tambahkan kata katchy di judul

Kata yang mengundang dan menggugah selera klik termasuk penting dalam onpage search engine optimization beberapa kata yang menggugah selera adalah “2016”, “terbaik”, “guide”,  "Top 10", Top 30 dll untuk penerapannya sendiri kurang lebih seperti ini :
  1. Top 10 Wags Paling Seksi di Dunia 
  2. Lowongan Kerja Terbaik 2016
  3. Membuat Artikel SEO Onpage "Teknik Rahasia"
Perhatikan kata kata yang dicetak tebal, itulah maksud menambahkan kata kata katchy yang mengundang klik dari pengunjung.


5. Snippet

Snippet adalah potongan kalimat atau kalimat pendek yang muncul sebagai preview pada saat dilakukan pencarian dalam search engine. Letakkan Keyword artikel di 100 huruf pertama dalam artikel sebisa mungkin tempatkan keyword prioritas di awal "paling kiri"

Contoh snippet keyword "AKBP Adalah" dalam pencarian google
Penampilan snippet kata kunci akbp adalah di search engine google
Penampilan snippet kata kunci akbp adalah di search engine google

6. Gunakan tag H2 H3 H4 Untuk Menulis Subheading

Sematkan tag HTML H2 H3 atau H4 untuk menandai sub judul baik itu berupa subheading maupun minor heading.

7. Gunakan Gambar / Video yang Sudah Dioptimasi

Tambahkan gambar pada setiap artikel yang anda tulis, menambahkan gambar selain sebuah nilai positif bagi pembaca artikel ternyata juga merupakan nilai lebih dalam ONPAGE Optimization, asalkan dilakukan dengan benar, ukuran dimensi gambar boleh besar namun demikian volume dalam Kilo Byte disarankan agar tidak terlalu besar agar loading website tidak lambat, optimasi yang lainnya adalah menambahkan tag deskripsi gambar dan tag tittle pada gambar.

8. Gunakan Outbound Links

Outbound link maksudnya adalah link keluar dengan topik bahasan yang sama dengan apa yang anda bahas, karena kita sedang membahas outbound link maka contoh berikut adalah outbound link yang baik mengenai topik ini :

Outbound links yang membawa anda ke halaman website orang lain dengan tujuan sebagai referensi bahwa anda sedang menulis artikel terkait hal yang sama dengan website lain tersebut.

Perhatikan kata yang di blok menggunakan warna kuning "Itulah Outbound Link" boleh di klik untuk coba coba.

9. Gunakan Internal Links

Sama halnya dengan Outbound Link, internal link adalah link yang mengarahkan kepada halaman lain, hanya saja internal link adalah halaman lain pada website ini. contoh internal link :

Membuat Website Sendiri itu mudah dan gratis, bila anda berpandangan bahwa yang bisa membuat sebuah website itu orang pintar maka sebenarnya anda ditipu oleh diri anda sendiri, membuat artikel pun mudah.

Kata yang di blok menggunakan warna kuning adalah contoh internal link, boleh di klik untuk coba coba. Namun demikian yang harus anda perhatikan adalah bahwa kalimat atau kata yang diberi link harus sesuai temanya dengan tempat tujuan link tersebut

10. Original

Artikel Copy Paste hukumnya adalah haram

11. Buat Artikel yang Panjang

Buat artikel sepanjang yang anda bisa namun tetap informatif, sebuah artikel dikatakan telah Search Engine Optimized bila artikel tersebut minimal terdiri atas 600 kata atau kurang lebih 3000 huruf, untuk menghitung kata dapat anda gunakan tools penghitung kata.


Artikel Tetap Enak Dibaca dan Shareable (Langkah 2)

Selain harus dioptimasi melalui teknik seo onpage, sebuah artikel haru enak dibaca jangan sampai karena terlalu memksakan mengincar kata kunci tertentu artikel anda tulis terkesan membosankan dan tidak bermutu, Apa gunanya bila sudah ada di halaman pertama google namun pengunjung hanya melihat 5 detik artikel anda karena malas membaca tulisan anda....ndak guna juga ^^

Demikianlah pokok bahasan Teknik Rahasia Onpage SEO, untuk artikel ini sendiri saya tulis sebagai batasan minimum para admin website http://www.etrade.id tentang bagaimana seharusnya sebuah artikel itu dibuat, untuk optimasi lain lain seperti keyword density dan hal serupa lainnya akan saya jelaskan di lain waktu. Bila ada pihak lain yang turut serta membaca artikel ini saya ucapkan selamat mencoba dan semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk anda sekalian.

Bila ada pertanyaan silahkan ajukan melalui komen dibawah, dan bila ada kata atau kalimat yang kurang mungkin itu karena saya lelah....silahkan dikoreksi melalui kolom komentar juga "nanti akan saya perbaiki" ^^


Website tempat belajar berbagai hal tentang Koperasi dan UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Mulailah menjadi wirausaha muda mandiri !!

5 comments
Write comments
Ella Matakoin
AUTHOR
28 Juni 2016 pukul 01.59 delete

Bila bingung membaca artikel ini maka coba ulangi baca dari awal dan terus ulangi, namun bila 5 kali membaca masih bingung maka pasti pembuat artikelnya yang salah tulis karena ngantuk...tapi coba diulang gulu membaca teknik seo onpagenya beberapa kali ^^

Reply
avatar
Mas Gw
AUTHOR
28 Juni 2016 pukul 05.23 delete

matohhh kang.. sangat membantu sekali

Reply
avatar
Ella Matakoin
AUTHOR
28 Juni 2016 pukul 10.02 delete

Njih mas Gan, susunane masi agak rancaw nunggu commen yang kesulitan memahami...nanti tak sempurnakan ... mari seoyo sederek blogger bojonegoro yang mau belajar bareng dari organisasi apapun asalnya oke saja mari masuk

Reply
avatar
renyrachma17
AUTHOR
28 Juni 2016 pukul 17.07 delete

menurut pemahaman saya, ini sesuai dengan penjelasan yg pernah saya terima dulu, ya...

Reply
avatar
Ella Matakoin
AUTHOR
28 Juni 2016 pukul 21.20 delete

Njih mbak ini hanya pengetahuan dasar seo yang wajib dipahami, topiknya menyetarakan kemampuan anggota umkm dulu ...kisaran ilmu dasar onpage seo hampir sama hanya itu2 saja

Reply
avatar