DESAKU ASRI WARGAKU BERSERI "Potensi Desa"

DESAKU ASRI WARGAKU BERSERI

Ilustrasi Desa Asri Bojonegoro
Ilustrasi Desa Asri Bojonegoro

Potensi Desa


Bojonegoro merupakan kota kecil di wilayah propinsi Jawa Timur. Kabupaten ini terdiri dari desa-desa yang tersebar di seluruh wilayahnya. Setiap desa mempunyai keunikan tersendiri yang masih tersembunyi dan belum diketahui oleh masyarakat umum.

Kegiatan, acara,maupun aktivitas  unik dan menarik setiap desa menjadikan daya tarik tersendiri yang perlu kita ketahui lebih lanjut.


Sebut saja, masyarakat yang tinggal di Desa Genjor kecamatan Sugihwaras ini. Di desa kecil ini mayoritas penduduknya adalah petani. Suasana desa dengan segala aktifitasnya masih sangat terasa. Namun unsur modern dan anak-anak remaja juga mulai mengikutinya.


Salah satu hal yang menarik di desa ini adalah dengan adanya sebagian penduduk yang mempunyai keahlian di bidang mebel. Aneka kursi dan almari dari bahan kayu jati dapat di buat oleh sebagian besar penduduk desa ini. Model yang dihasilkan juga beraneka ragam. Mulai dari model kuno daan masa kini bisa di buat oleh pengrajin desa Genjor.


Pengiriman barang pun sudah mulai merambah keluar kota. Karena itulah para pengrajin selalu belajar agar dapat meningkatkan produksinya.


Hal positif dari warga untuk terus belajar ini juga mendapat sambutan yang positif dari aparat desa. Tak jarang, beberap pelatihan dilaksanakan untuk meningkatkan produk dari bahan kayu jati ini.


Karena bahan dasar kayu jati cukup langka tak mengherankan jika hargapun mengikuti.namun jangan khawatir, harga sejenis meja, kursi maupun almari masih bisa dijangkau oleh masyarakat kita.


Tak hanya dibidang ukir dan mebel. Bidang pendidikan juga mendapat perhatian di desa ini. Salah satu taman pendidikan alqur”an yang ada di desa ini merupakan TPQ percontohan nasional Indonesia.


Pedidikan Karakter Desa


Pendidikan karakter positif yang menjadi prioritas dalam mendidik para santri menjadikan lembaga ini dikenal masyarakat luas. Bahkan kegiatan Training Of Trainer para ustadz/ustadzah dari seluruh wilayah Jawa Timur bekerja sama dengan Praktisi pendidikan karakter Indonesia MATA HATI CARE CENTRE juga dilaksanakan di sini.


selain ToT, kegiatan lain yang mendukung pendidikan karakter adalah kegiatan PCC (Posistif Caracter Camp) for Santri . kegiatan ini diikuti oleh santri dari wilayah sekitar.


Seperti halnya bulan romadhon tahun lalu, kali ini semarak ramadhon juga dilaksanakan oleh para santri. berbagai kegiatan dan lomba dilaksanakan untuk meramaikan ramadhan kali ini. Dengan bertajuk Ramadhan Berkarakter para santri antusias mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan dan kegiatan akan berakhir pada malam puncak ramadhan berkarakter.

Berbagai pentas dari anak-anak menambah semaraknya kegiatan ramadhan ini.


Jika terdapat event seperti yang di sebutkan, masyarakat sudah terbiasa menjamu tamu utuk kegiatan tersebut. Mereka tidak canggung. Rumah penduduk menjadi hunian bagi para tamu. Keramahan ppenduduk menjadikan suasana akrab dan serasa keluarga bagi para tamu.


Keamanan didesa ini tak perlu diragukan. Para remaja yang tergabung dalam karang taruna desa dan remaja masjid bersatu untuk menjaga keamanan desa.


Tak mengherangkan masyarakat sekitar desa Genjor bercita-cita menjadikan desanya sebagai desa edukasi berbasis pendidikan karakter.


Website tempat belajar berbagai hal tentang Koperasi dan UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Mulailah menjadi wirausaha muda mandiri !!