Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

Banyak sekali peluang usaha rumahan modal kecil yang ada di sekitar kita namun sering terabaikan, bisnis rumahan modal kecil tetap bisa sukses dan menghasilkan jutaan rupiah bila ditekuni dan ditelateni serta dijalankan dengan penuh tanggung jawab. Kali ini Tim UMKM Online Bojonegoro berbagi sedikit tentang peluang usaha rumahan modal kecil barangkali ada teman teman sekalian yang membutuhkan informasi tentang peluang usaha :
Usaha rumahan bisa dikerjakan dengan santai ddi rumah
Ilustrasi peluang usaha rumahan modal kecil

Usaha Rumahan


Usaha rumahan adalah sebuah bisnis atau usaha yang dapat dilakukan di rumah, dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya seadanya dengan modal kecil, Usaha rumahan adalah usaha yang cocok ditekuni oleh para ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang, contoh usaha rumahan yang sering kita temui adalah membuat tenun, membatik, merajut, merawat tanaman dll

Namun demikian saat ini telah banyak bapak bapak yang juga menekuni usaha rumahan, karena usaha rumahan bisa dilakukan tanpa meninggalkan rumah dan peluangnya masih besar, contoh usaha rumahan untuk laki laki adalah fotografi, beternak burung, ternak ayam dll

Macam Macam Usaha Rumahan


Usaha rumahan sangat beragam, tergantung ketrampilan masing masing orang yang menekuni usaha rumahan, banyak diantaranya adalah usaha yang sebelumnya belum pernah kita bayangkan bahwa itu bisa dilakukan dan dapat menghasilkan walaupun dengan modal kecil, berikut adalah macam macam usaha rumahan yang dikelompokkan berdasarkan pelaku usahanya :

a. Jenis Usaha Rumahan

Banyak sekali jenis usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa anda coba, segala sesuatu yang ada di sekitar anda adalah sebuah peluang usaha, apa yang ada di ruang tamu anda, apa yang ada di meja dapur anda, dan apa yang ada di dalam lemari anda ada karena anda membelinya, coba sejenak berfikir sebagai penjual jangan sebagai pembeli ^^, berikut ini contoh cenis usaha rumahan modal kecil yang layak anda coba :


  1. Bisnis Rumahan Air Minum Beroksigen
  2. Bisnis Rumahan Air Minum Isi Ulang
  3. Bisnis Rumahan Aneka Kue Tradisional
  4. Bisnis Rumahan Batik Dari Serat Alam
  5. Bisnis Rumahan Bimbingan Belajar Rumahan
  6. Usaha Kerajinan Boneka Unik
  7. Bisnis Rumahan Budidaya Anthurium
  8. Bisnis Rumahan Budidaya Bunga Krisan
  9. Bisnis Rumahan Budidaya Bunga Melati
  10. Bisnis Rumahan Budidaya Ikan Komet
  11. Bisnis Rumahan Budidaya Ikan Lele Pakai Terpal
  12. Bisnis Rumahan Budidaya Jamur Merang Dengan Kardus
  13. Bisnis Rumahan Budidaya Jeruk Nambangan
  14. Bisnis Rumahan Budidaya Lebah Madu
  15. Bisnis Rumahan Budidaya Semut Rangrang Kroto
  16. Bisnis Rumahan Es Bubur Kacang Hijau
  17. Bisnis Rumahan Es Kacang Merah
  18. Bisnis Rumahan Es Ketan Hitam
  19. Bisnis Rumahan Es  Tebu
  20. Usaha Kerajinan Kap Lampu Dari Pasir Perkakas Rumah Tangga Dari Kertas Bekas
  21. Usaha Kerajinan Dari Bubur Limbah Kertas
  22. Usaha Kerajinan Dari Pelepah Pisang Kering
  23. Bisnis Rumahan Konsultan
  24. Bisnis Rumahan Kursus Desain Grafis
  25. Bisnis Rumahan Kursus Musik
  26. Bisnis Rumahan Makanan Ringan Atau Snack Dan Kue 
  27. Bisnis Rumahan Pengetikan
  28. Bisnis Rumahan Pengolahan Bawang Goreng Instan
  29. Bisnis Rumahan Penyelamat Data
  30. Usaha Kerajinan Sandal Unik
  31. Bisnis Rumahan Sekolah Enterpreneurship
  32. Bisnis Rumahan Sekolah Tari
  33. Usaha Kerajinan Souvenir Dari Daun Kering
  34. Bisnis Rumahan Susu Kedelai

b. Usaha Rumahan Untuk Remaja

Ada pribahasa yang mengatakan bahwa "Sukses di usia tua itu sudah biasa, namun bisa sukses diusia muda itu baru luar biasa'. Berdasarkan pribahasa tersebut, tersirat bahwa kita sebagai generasi muda sudah sewajarnya untuk mulai bekerja sejak dini. Hal ini bukan hanya untuk mengurangi beban orang tua dalam membiayai kita, namun memulai usaha diusia muda juga dapat membuat sikap mandiri kita tumbuh. Selain itu, pengalaman yang kita dapatkan saat memulai sebuah usaha atau bisnis diusia dini juga bisa menjadi bekal kita nanti saat usia sudah mendewasa. Beberapa usaha rumahan yang biasa dilakukan para remaja adalah :
  • Jualan Pulsa Elektrik
  • Bisnis Online
  • Penulis Lepas (Freelance Writer)
  • Fotografer
  • Pengisi Acara
  • Desainer Logo / Brand
  • Guru Les Privat
  • Bisnis kreatif

c. Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

Dewasa ini, bunda bisa melihat berbagai macam jenis usaha rumahan yang seakan-akan sedang digalakkan oleh para ibu rumah tangga. Nah, memang tidak bisa dipungkiri dengan memiliki usaha di rumah, bunda pun jadi memiliki penghasilan tambahan juga waktunya pun dihabiskan dengan cara-cara yang bermanfaat. Nah, apa saja usaha rumahan yang bisa bunda lakukan di rumah, diantaranya
  • Bisnis Tanaman
  • Katering
  • Penulis Freelace
  • Parcel
  • Reseller barang
  • Jahit
  • Membuka Tempat Les
  • Kerajinan Tangan

d. Usaha Rumahan Yang Lagi Trend

Jika tertarik membuka usaha rumahan yang lagi trend dengan modal kecil, maka usaha usaha berikut dapat dijadikan alternatif . Beberapa usaha ini tidak memerlukan sistem manajamen usaha yang rumit dan sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tetapi tidak perlu ke luar rumah. Berikut adalah usaha rumahan yang lagi trend saat ini baik itu Online maupun Offline :

Usaha Online Yang Lagi Trend :

  • Online Shop (Toko Online)
  • Blogger (Blogging)
  • Youtuber (Youtube)
  • Jasa Tulis Artikel (Content Writer / Freelancer)

Usaha Offline Yang Lagi Trend :

  • Bisnis Kuliner
  • Bisnis Fashion
  • Counter dan Pertamini (Bensin Eceran)
  • Bisnis Jasa Loundry

Peluang Usaha Rumahan


Peluang usaha rumahan yang menjanjikan masih terbuka lebar bagi seluruh pelaku UMKM, anda dituntut untuk jeli menangkap dan membaca peluang yang ada, lalu bagaimana caranya? tanpa anda sadari sebenarnya anda lebih dari sekedar mampu untuk membaca peluang usaha rumahan, action lah yang anda perlukan....tidak perlu ragu, lakukan mana yang menurut pemikiran dan kemampuan anda bahwa itu bisa dilakukan ^^ Just do it.

Usaha Rumahan Modal Kecil


Berbicara usaha modal kecil berarti kita memang tetap harus memiliki modal dalam memulai bisnis walaupun jumlahnya kecil. Nha modal sendiri ada dua macam yaitu modal material berupa uang atau barang dan modal non materil seperti pengetahuan, kemauan, dan kerja keras

Usaha Rumahan Tanpa Modal - Berikut ini adalah sedikit contoh usaha rumahan tanpa modal "cukup dengan modal pengetahuan dan ketrampilan (modal non materiil)" yang mungkin bisa anda coba :

  • Menjadi Seorang Penulis Lepas
  • Menjadi Penjual Produk Orang Lain (reseller atau dropship dalam bisnis online)
  • Menjadi Seorang Blogger
  • Menjadi Seorang Broker / Agen
  • Menyediakan Jasa (jasa kursus, tutorial, dan les privat)

Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil


Bila mempunyau keinginan untuk menjadi seorang wirausahawan, alangkah baiknya bila anda tidak terburu buru dalam memulai. Diperlukan ketelitian agar usaha yang dijalankkan nantinya maju, sukses dan berkembang. Selain itu, juga perlu belajar dari kegagalan orang di sekitar kita. Hal itu bertujuan agar kita dapat mengambil pelajaran yang berguna ketika menjalankan usaha. Berikut ini tips memulai bisnis dengan modal kecil :

  1. Siap Buka Usaha. Jika Anda pemula dan benar-benar masih baru tidak perlu berkecil hati. Anda harus tetap optimis, atau jika bisa, gandenglah mentor yang bisa membimbing dan mengawal selama masa-masa awal buka usaha. Di samping itu Anda perlu juga bergabung dengan komunitas-komunitas pengusaha. Karena dengan itu bisa mendapatkan bimbingan, saran, masukan secara berkesinambungan dengan biaya yang ringan. Jika mental sedang turun, peran mentor dan komunitas bisa menjadi sumber inspirasi dan pembangkit semangat.
  2. Jangan Takut Masalah Modal. Modal sering dikeluhkan oleh para calon pengusaha. Dengan modal sekitar 2-10 jutaan yang dapat rogoh dari tabungan sendiri Anda sudah bisa jadi pengusaha. Jadi jangan takut kesulitan modal, dengan modal cekak pun masih dapat membuka usaha. Jika masih kesulitan, Anda bisa menggandeng saudara atau bahkan kawan. Selain lebih mudah dalam menjalankan usaha, Anda tidak disibukkan dengan berbagai tagihan layaknya berhutang di bank. Akan tetapi jika Anda bertekad ingin membuka usaha yang lebih besar, meminjam di bank bukan hal tabu. Anda tinggal mengatur usaha agar lebih pesat lagi, tentu laba yang bakal dikeruk pun semakin besar.
  3. Carilah tempat yang strategis. Strategis bisa jadi tempat yang ramai, dekat dengan aktivitas warga, atau dekat sekolah, kantor dan kampus. Namun yang harus diperhatikan urusan memilih tempat sering mengecoh. Sebab ada juga tempat yang berada di lokasi yang tidak ramai dan strategis, ternyata berjubel pengunjung. Lalu kuncinya apa? Tentu saja, jika itu rumah makan, pelayanan dan makanan yang menggugah selera pastilah kuncinya. Intinya jika Anda sangat kesulitan menentukan tempat lokasi usaha, jangan gusar sebab Anda bisa menjual keunggulan lain yang Anda miliki.

Contoh bisnis rumahan yang menguntungkan


Alangkah baiknya bila contoh itu bersumber dari pelaku usaha bersangkutan, Tim UMKM Online sendiri memiliki anggota yang telah sukses menjalankan usaha rumahan modal kecil diantaranya adalah :

  1. Ibu Novi pelaku UMKM kerajinan tangan kreatif tongkat peri craft bisa dibaca disini anda juga dapat menghubungi langsung beliau melalui kontak person yang telah disediakan.


Tim UMKM Online Etrade Id


Website tempat belajar berbagai hal tentang Koperasi dan UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Mulailah menjadi wirausaha muda mandiri !!