9 Langkah Memulai Usaha

Langkah Memulai Usaha - Memulai Usaha melibatkan perencanaan, pembuatan keputusan keuangan dan menyelesaikan serangkaian kegiatan hukum. 9 langkah berikut ini dapat membantu Anda merencanakan, mempersiapkan dan mengelola Usaha yang anda mulai :
Langkah memulai usaha dari nol
 

Langkah Memulai Usaha 1: Tulis Rencana Usaha / Buat Bisnis Plan

Buat list daftar peralatan perlengkapan modal dan sumber daya yang anda miliki, kemudian tulis dalam rencana usaha / Bisnis Plan. Panduan tertulis yang anda buat akan membantu Anda memetakan bagaimana Anda seharusnya mulai menjalankan Usaha.

Langkah Memulai Usaha 2: Ikuti Pelatihan Wirausaha

Manfaatkan layanan pelatihan dan konseling gratis dari pemerintah maupun lembaga pendidikan swasta dan independen. Selain untuk mengembangkan potensi diri, wawasan dan pengetahuan, mengikuti pelatihan membuat anda memiliki relasi yang mungkin anda perlukan di kemudian hari untuk menyokong usaha anda rintis.

Selain itu pelatihan wirausaha sangat penting karena anda mendapatkan transfer ilmu langsung dari para pelaku bisnis terkait bagaimana cara mempersiapkan rencana Usaha sampai masalah pembiayaan dan modal.

Langkah Memulai Usaha 3: Pilih Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi usaha adalah hal penting yang harus dipersiapkan, apalagi bila bidang usaha yang anda akan mulai adalah bidang perdagangan. Pilihlah lokasi paling ideal dengan pertimbangan yang matang dan dilihat dari berbagai sudut pandang. Khusus untuk usaha perdagangan, lokasi adalah segalanya.

Langkah Memulai Usaha 4: Pembiayaan / Modal

Modal bisa berasal dari manapun, Tabungan, Pinjaman Orang Tua, maupun investasi pihak lain. Namun bila anda benar benar tidak memiliki sumber pembiayaan ada baiknya anda menengok program pemerintah.

Saat ini banyak sekali program pemerintah terkait pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), pemerintah memberikan pinjaman modal melalui KUBE, KUR dan pinjaman lunak lainnya.

Langkah Memulai Usaha 5: Tentukan Bentuk Hukum Usaha Anda

Tentukan bentuk usaha yang anda mulai apakah itu usaha perorangan kepemilikan tunggal, kemitraan, Perseroan Terbatas , korporasi, CV,  atau koperasi.

Bentuk usaha sebaiknya anda pikirkan sedari awal memulai usaha, sebab ini terkait profesionalisme pengelolaan usaha dan perijinan, bentuk badan hukum sangat penting bila anda memulai usaha di bidang Jasa, misalnya konsultan atau pendidikan.

Langkah Memulai Usaha 6: Pendaftaran Nama Usaha

Daftarkan Nama Usaha anda di dinas terkait, yaitu dinas perijinan terkait situ dan siup, Kantor pelayanan pajak terkait NPWP serta Kemenkumham terkait merek dagang, anda mungkin belum puya bayangan seberapa besar nantinya usaha yang anda rintis ini saat anda memulai usaha, amankan aset paling berharga yang anda miliki sedari awal. Oleh karena penting sekali anda mengamankan Brand nama usaha anda "Branding"

Langkah Memulai Usaha 7: Izin Usaha

Agar usaha anda nantinya tidak mendapatkan hambatan dan gangguan dari lingkungan sekitar maupun pemerintah daerah lokasi tempat anda memulai usaha, ada baiknya izin usaha segera dibuat saat baru akan memulai usaha, menghindari campur tangan pihak eksternal dan pihak lain yang tidak suka dengan kesuksesan yang akan anda raih, sifatnya adalah pencegahan dan memberikan rasa aman.

Langkah Memulai Usaha 8 : Memahami Tanggung Jawab Anda

Ketika anda memulai usaha anda juga perlu mengerti dan mempelajari langkah-langkah hukum tertentu terkait bidang usaha yang anda geluti, misalkan bila anda memulai bisnis dalam bidang pendidikan mengemudi, agar usaha pendidikan mengemudi yang anda jalankan bisa berkembang maka kepada setiap siswa yang telah lulus pendidikan harus memperoleh asistensi pengurusan SIM... Tanggung jawab seperti itu harus anda pelajari dan mengerti dari awal, begitu juga terkait resiko seperti kecelakaan maupun hal hal lain terkait dengan tanggung jawab sebagai pemilik usaha.

Langkah Memulai Usaha 9: Cari Bantuan dari Dinas Terkait

Hubungi dinas terkait untuk bantuan lebih lanjut, hal ini penting karena dinas atau kementerian terkait bidang bisnis yang anda mulai biasanya memiliki resources, informasi dan panduan terkait semua bidang usaha.... bantuan dari manapun sangat anda perlukan ketika memulai usaha.


Website tempat belajar berbagai hal tentang Koperasi dan UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Mulailah menjadi wirausaha muda mandiri !!