Coklat... Makanan Lezat nan Sehat

Coklat...Ya, siapa sih yang gak tau coklat? dari anak kecil sampai orang dewasa pasti suka dengan coklat. Coklat itu identik dengan warna coklat dan manis, kalau kebanyakan bisa bikin gigi berlubang, katanya. Coklat juga banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya brownies coklat, susu coklat, cookies coklat, puding coklat, permen coklat, pisang coklat, coklat praline dan masih banyak lagi.

Sejarah Coklat

Coklat merupakan hasil olahan dari buah kakao yang mempunyai nama latin Theobroma cacao. Tanaman kakao diperkirakan pertama kali tumbuh di daerah Amazon Utara sampai Amerika Tengah. Coklat sendiri ditemukan pertama kali sekitar tahun 1100 - 1400 SM di Honduras. Hal ini berdasarkan penemuan terhadap sebuah situs pengolahan coklat di Puerto Escondido.
Selain itu, sekitar tahun 400 SM suku Maya juga sudah meminum coklat. Hal ini berdasarkan penemuan residu coklat pada tembikar yang digunakan oleh Suku Maya kuno di Rio Azul, Guatemala Utara. Pada masa itu, hanya orang penting yang dianggap bisa mengonsumsi coklat.

Proses Pengolahan Coklat

Proses pengolahan coklat dimulai dari pemetikan buah kakao yang sudah masak dari pohonnya. Kemudian buah kakao tersebut dibelah untuk diambil bijinya. Biji kakao yang masih mengandung selaput (pulp) difermentasi terlebih dahulu. Fermentasi ini bertujuan untuk mematikan biji, sehingga terjadi reaksi kimia dan biokimia, yang nantinya akan menghasilkan senyawa bakal flavor (cita rasa) khas coklat. Biji kakao yang sudah difermentasi di cuci lalu dikeringkan. Biji kakao kering kemudian disangrai untuk membentuk aroma dan warna coklat. Biji hasil penyangraian masih dilakukan beberapa proses lagi baru kemudian bisa menjadi bubuk coklat.

Manfaat Coklat

Coklat mengandung banyak antioksidan, yaitu fenol dan flavonoid, sehingga coklat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. 

Olahan Coklat



Website tempat belajar berbagai hal tentang Koperasi dan UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Mulailah menjadi wirausaha muda mandiri !!