Waduk Pacal harapan petani dan peluang Wisata Bojonegoro


Sebagai salah satu komponen dalam bertani, Air menjadi hal yang sangat penting dan selalu diharapkan oleh petani.  Bagitu pula para petani yang ada di Kabupaten  Bojonegoro Jawa Timur . berharap ketersediaan air selalu ada demi mengaliri tanaman mereka. Waduk pacal salah satu tempat yang menjadi harapan bagi para petani yang ada di Bojonegoro bagian selatan.  
Umumnya para petani berharap setiap tahun bisa tanam tiga kali. Dimana musim  rendeng (penghujan), wali’an (musim kedua) dan musim ketigo (kemarau). Tapi tak jarang untuk musim ketigo banyak petani yang tidak dapat memanfaatkan lahannya untuk bercocok tanam karena debit air di Waduk pacal yang sangat minim.
Waduk pacal yang di bangun pada tahun 1933 ini kini sudah tidak mampu mengaliri kebutuhan akan pertanian yang ada di 10 kecamatan di kabupaten Bojonegoro. Hal ini di karenakan sedimen lumpur yang sangat tinggi, sehingga tidak mampu menampung persediaan air yang cukup. Beberapa upaya sudah di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten setempat. Tapi karena ketebalan dan tertutupnya gorong-gorong out oleh kotoran (kayu, akar dan ranting pohon) tidak mampu di bersihkan.
Waduk pacal sebagai persediaan air sebenarnya juga mempunyai kelebihan lain. Misalnya dari segi wisata cukup indah. Air yang memenuhi  waduk ketika musim penghujan, seperti danau yang terhampar. Ditambah lagi ada beberapa prahu para nelayan pemburu ikan tawar. Menambah suasana semakin eksotis. Disini juga terdapat lahan luas yang dapat di gunakan sebagai bumi perkemahan bagi para pelajar atau himapala (himpunan mahasiswa pecinta alam). Selain itu waduk pacal yang masuk lahan perhutani KPH. Bojonegoro ini juga terdapat mainan dan taman. Dan untuk melepas dahaga atau lapar juga ada penjual makanan di lokasi. Dan berdiri pula mushola sebagai tempat ibadah.
Untuk pengunjung yang penasaran dengan Waduk Pacal bisa melakukan perjalanan dari Bojonegoro kota menuju arah nganjuk, kurang lebih 30 KM. setelah perjalanan dapat  menikmati indahnya salah satu Waduk yang menjadi harapan bagi para petani yang ada di Bojonegoro dan semoga kedepan ada peningkatan di bidang kepariwisataan. (iwan siswoyo)




Website tempat belajar berbagai hal tentang Koperasi dan UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Mulailah menjadi wirausaha muda mandiri !!